SEO Intinya adalah Kompetisi

SEO Intinya adalah Kompetisi. Tujuan dari membuat website atau blog, lain orang tentu lain juga tujuannya. ada yang membuat website atau blog untuk komersil atau bisnis, untuk menyalurkan hobby, sarana komunikasi, dan lain sebagainya Jika menilik secara umum, banyak dari pembuat website atau blog menginginkan agar website atau blog yang di buatnya menjadi sebuah website atau blog yang terkenal dan di banjiri pleh banyak pengunjung. Namun untuk menjadikan blog anda populer dan dibanjiri oleh banyak pengunjung tidaklah mudah, semua itu perlu kerja yang ekstra keras dari pemilik atau pembuatnya.

Gus Ikhwan sendiri kurang setuju dengan atikel yang menuliskan cara mudah mendatangkan ribuan pengunjung, Penggunaan SEO tool yang bisa menempatkan blog kita pada halaman pertama Search Engine, dan lain sebagainya. Yang Gus Ikhwan ingin tekankan adalah kita harus selalu belajar secara serius dan bekerja secara keras untuk mencapai tujuan, hilangkan kata " Mudah " dari benak anda. Yuk ambil contoh!

Banyak orang mengatakan bahwa untuk mendatangkan ribuan pengunjung ke website anda hanya cukup dengan menguasai ilmu SEO ( Search Engine Optization ) saja. That's Right, tapi ingat bahwa menguasai SEO itu sendiri tidak mudah perlu belajar dan kerja ekstra keras. SEO intinya adalah kompetisi. Berapa banyak orang yang menguasai SEO? itu bisa jutaan jumlahnya. jadi dimana letak kata " Mudah ' nya?

Contoh lain adalah dengan cara Submit artikel ke berbagai social bookmarking. Lagi-lagi itu benar adanya, namun proses itu memerlukan kerja anda, perlu banyak waktu. Yang harus di perhitungkan adalah ribuan dari pemilik website lain pun melakukan hal yang sama dengan anda yaitu men submit artikel mereka ke berbagai social bookmarking bahkan ada yang menggunakan tool submiter. Jadi intinya inipun adalah kompetisi, perlu kerja ekstra lebih dari yang lain jika ingin menjadi pemenang. So, jalan yang satu ini pun bukan hal yang " mudah ' bukan?

Masih belum puas? kita ambil contoh yang lainnya lagi yaitu penggunakan SEO tool. Dengan menggunakan SEO Tool maka posisi website anda akan bisa di posisi halaman awal Search Engine, mungkin itu benar adanya namun tidak menjamin seratus persen bisa seperti itu. yang harus anda pikirkan adalah berapa banyak pengguna SEO tool yang sama seperti yang anda miliki, pasti jumlahnya sangat banyak karena anda pun beli dari website penjual SEO Tool, selain itu juga berapa banyak pengguna SEO Tool dengan merk dagang yang lain. Lagi-lagi semuanya adalah kompetisi.

Maka sekali lagi bahwa SEO intinya adalah kompetisi, yang belajar lebih rajin dan bekerja lebih keras akan keluar sebagai pemenang kompetisi tersebut.

Jadi apakah SEO itu Mudah? silahkan berpendapat sendiri !

59 komentar:

  1. Setuju Gus! Gus, bisa request nggak, caranya bikin sub menu bar pada magazine template R1 punyanya kang rohman, klo di blog kang rohman kan, yang ada id tutprial. Mohon bantuannya, Terima Kasih

    BalasHapus
  2. Mantap Gus, tulisan ini terasa pahit namun jika pandai mengambil kesimpulan. Maka Manis madu lah yang didapat (alah sok puitis :P)

    Seperti diatas Gus, saya juga klo bisa request cara buat sub menu PLUS cara buat Widget yang ada dibagian bawah blog ini, yang ada tulisan "Daftar program penghasil $$$ Ku" Pengikut dll. Yang saya bingun itu dibuat 3 tabel apa memang ada 3 widget. Namun klo 3 widget gmn cara buat biar kayak bersatu gitu Gus???

    Thanks

    BalasHapus
  3. oooo,,baru tahu nih Gus Ikhwna kalu seo itu kompetisi..
    hehehehehe
    tengkyu yach Gus

    BalasHapus
  4. Setuju abis Gus. SEO pada hakikatnya bagaimana bertarung dengan keyword tertentu dengan tingkat persaingan yang ketat. Untuk memahami dan menguasai teknik dasarnya perlu waktu dan juga praktek yang terus-menerus. Di luar itu, yang lebih penting sebenarnya yaitu bagaimana agar pembaca artikel blog kita merasa tidak tertipu oleh judul posting yang kita buat. Isi artikel pun hendaknya padat berisi dan dikemas dengan sebaik mungkin untuk memuaskan pengunjung/pembaca.

    BalasHapus
  5. nuhun Gus informasina sangat berguna. memang hidup ini adalah perjuangan begitu juga dengan SEO rekan-rekan blogger harus berjuang untuk bisa menjadi no. 1 di google.

    BalasHapus
  6. SEO kadang melelahkan tapi menyenangkan Gus

    saya lebih suka klo SEO itu dibilang misterius dan kita tertarik pada kemisteriusannya bukan "mudah

    BalasHapus
  7. SEO adalah 3 buah huruf yang sedang ngetrend di kalangan para newbie termasuk para pengguna BLOG. Apalage yang sedang ikutan kontes seo.

    BalasHapus
  8. SEO sangat misterius dan aku pengen nyoba. Makanya aku lage ikutan kontes SEO juga. . .He he

    BalasHapus
  9. wah Gus SEO emang sebuah teka teki juga yah? saya minta diajarin SEO dong, saya cuma bisa OSEng-OSEng,haha.

    BalasHapus
  10. memang gak mudah Gus..setuju bahwa semuanya perlu kerja keras, gak hanya mengandalkan SEO tool, sprti kata Gus Ikhwan, semuanya berkompetisi. Akan selalu ada cara yang lebih baru dlm dunia internet yg dinamis sehingga pada akhirnya dituntut selalu belajar. Makasih gus, info yang menggugah kesadaran nih.

    BalasHapus
  11. Kalo menurut saya ada empat sisi yang harus diperhatikan oleh seorang blogger jika ingin mendapati blognya sebagai blog yang banyak dikunjungi orang. Keempat sisi itu adalah sisi INFORMASI, INSPIRASI, SOLUSI dan MOTIVASI. Jika keempat sisi itu digarap dengan baik dan ditambah dengan teknik SEO yang bagus, saya yakin akan menjadi blog besar dan paling dicari. Benar gak GUS?

    BalasHapus
  12. betul, SEO memang perlu kerja keras. Tapi walaupun sudah kerja keras, belum tentu hasil SEO kita sesuai dengan yang diharapkan.

    BalasHapus
  13. Bener gus. Saya setuju.
    Perlu kerja keras dan bimbingan dari gus ikhwan neh kayaknya.

    BalasHapus
  14. Ini termasuk juga permainan SEO ya? aku kok bingung. Tapi semuanya tepat, karena sekarang SEO master n newbie sudah susah di bedakan. karena sudah hampir semua yang berkecimpung serius di dunia blog dsb sudah mengerti dan bisa akan hal itu. Banyak bertebaran tips sana sini.. ya tips itu bukannya sama aja trik mendatangkan pengunjung? tapi bagi kita semua harus saling belajar dan mengajar. :D share pengetahuan itu perbuatan indah :) yang terpenting belajar belajar,, karena pengetahuan ga ada habisnya. *soktau..

    terima kasih kang bahan renungannya.

    BalasHapus
  15. Gus Ikhwan lagi nembak keyword 'seo itu mudah' ya??
    Soalnya dari tadi kata yang pake bold dominan kata seo dan mudah, terus kata yang di-bold terakhir adalah 'seo itu mudah', hayo Gus ngaku!!

    BalasHapus
  16. Bicara tentang SEO, saya merasa itu sebuah misteri yang mesti saya kuak sedikit demi sedikit. Serasa ada tantangan ketika menulis artikel, gus. Pengen banget artikel jadi yang teratas di google. Tapi apa daya pengetahuan SEO saya masih jauh dari kata bisa.

    BalasHapus
  17. SEO memang menu pelengkap untuk sebuah blog karena tidak selalu sih SEO itu untuk kompetisi tapi bisa saja sekedar ingin mempelajari lebih dalam.....posting yang akang buat juga bisa mempengaruhi kekuatan SEO.....jadi beljar SEO ajah ga ada ruginya...

    Susah atau mudahnya tergantung dari kemauan anda,saya juga pertama ngeblog ga bisa apa2 hanya dalam 1 bulan saya sudah bisa melakukakan eksperimen...jadi bila ada kemauan maka ada jalan....jika ada niat Insya Allah bisa tercapai....

    Sukses untuk Blogger Indonesia

    BalasHapus
  18. Menurut saya SEO agak sulit jg....Perlu kerja keras biar bisa ilmu SEO yg kita miliki dpt brjalan lancar...

    BalasHapus
  19. Wah emang benar gus...


    SEO itu merupakan KOmpetensi//

    Setuju.!!!

    BalasHapus
  20. thank u udah kasi jawaban ID paypal di berandaku.com, waktu saya comment kok muncul "Error 404 - Not Found" pas klik submit, coba cek kang brg kali ada yang salah

    BalasHapus
  21. SEO mudah diucapkan tapi tidak mudah dilaksanakan. Benar kata kang Rohman, SEO adalah kompetisi. Dan untuk memenangkan kompetisi tersebut dibutuhkan kerja keras dan kesabaran.

    BalasHapus
  22. wah, gus ikhwan sudah ngakuu :))
    ternyata nembak keyword "SEO itu mudah"..

    tapi ternyata sebaliknya ya kang, bahwa menguasai SEO itu TIDAK MUDAH

    BalasHapus
  23. hikz...hikz...hikz.... jadi lucu

    BalasHapus
  24. @ Mardee : iya. emang yang saya tekankan justru SEO itu tidak mudah bukan SEO itu mudah

    BalasHapus
  25. Saya sangat setuju dengan artikel Gus Ikhwan yang satu ini.Bekerja keras & belajar yg lebih rajin. tentunya utk mendukung posting artikel yg mampu bersaing di search engine, kita harus membuat konten posting yg bermanfaat dan berpotensi untuk menjadi nomor satu di search engine, serta merupakan asli karya sendiri.

    BalasHapus
  26. Busyet dah Gus Ikhwan ini, kaya mas doyok tipa hari posting

    BalasHapus
  27. Membahas SEO sepertinya ga ada matinya. Apalagi tambah satu lagi search engine. Bing. Orang lagi seneng coba2 mesin bikinan microsoft itu.

    BalasHapus
  28. setuju banged Gus Ikwhan..
    intinya semua perlu belajar dan kerja keras..
    salut tuk Gus Ikwhan

    BalasHapus
  29. Betul kang kita perlu belajar dan kerja keras
    jangan anggap SEO itu mudah tp jgn anggp terllu sulit juga.
    hadapilah dengn senyuman

    BalasHapus
  30. Wah BlogQ kok aneh ya GUS,..

    Pas pageranknya 0 malah menempati posisi 3 besar.

    Sekarang page rangknya 2 malah tergusur ke halaman 6.

    Kenapa ya?

    Apa gus ikhwan tahu solusinya?

    BalasHapus
  31. Bagaimana dengan blogku yang masih seumur jagung ya..?! Kasihan dia, perlu belajar banyak tentang SEO. Thanks Gus ikhwan sudah memberikan pencerahannya.

    BalasHapus
  32. uhuy....setoejoeh124 SEO adalah kompetisi...dan untuk mempelajarinya...tidak mudah......thanks kang pencerahannya.......ini di artikel SEO masuk akal.....mantaaap Gus.....

    Belajar SEO Para Pemula

    BalasHapus
  33. S7 Gus, mantaf bgt tuch bt perkembangan ke depan para blogger

    BalasHapus
  34. setuju kang SEO memang susah tidak mudah

    BalasHapus
  35. jangankan SEO, blgo jg baru kenal alias newbie :-)
    masih perlu bimbingan seperti Gus Ikwhan

    BalasHapus
  36. hebat Gus tulian nya mau donk di ajarin

    BalasHapus
  37. ptimasi SEO tujuan nya untuk PR dan Traffic...
    meningkatkan traffic ke blog bisa promosi menggunakan agen iklan seperti Indovertiser.com kang...he hehe

    kang bisa tambahkan Iklan indovertiser di sini ga? komisi nya cukup kompetitif koq..

    thanks

    BalasHapus
  38. SEO....... saya msh belum mudhenk gus

    BalasHapus
  39. Wishing you Merry X-mas and prosperous NEW YEAR!!!

    BalasHapus
  40. setuju sekali kang, SEO memang kompetisi sesama blogger

    BalasHapus
  41. bner gus ..
    perlu di jadiin semangat nie ...^_^
    buat menjadi yang terbaik ... di dalam kompetisi

    BalasHapus
  42. SEO itu memang sulit gus..sampai saat ini saya belom begitu paham dengan SEO..walaupun saya sudah belajar dari para master SEO.tetep saja saya belom paham,emang dasar aku nya kali ya kang.hehehe
    Maksih kang atas pencerahannya
    Salam

    BalasHapus
  43. bener mas, buat seo aja susah apalagi cari uang, jadi suka lucu kalo liat iklan yang bilang `5 juta dalam 5 menit`, `modal 100 ribu untung milyaran`, SUNGGUH TERLALU!!!!

    BalasHapus
  44. @ To All : Terimakasih atas komentarnya....
    Semoga postingan ini bermanfaat....

    Bagi yang ingin nanmbahi komentar silahkan

    BalasHapus
  45. kalau aq mah malah g ngerti SEO2an gus, aq cuma ngikutuin aja, suruh giniin y tak coba gt aja

    BalasHapus
  46. artikel yang bermanfaat. apalagi untuk pemula seperti saya,,,terima kasih,,

    BalasHapus
  47. salam sahabat
    ehm SOE apa sich ga begitu paham mas?ya yang penting kita ngeblog nerapin dengan bener bukan ajang kompetisi namun belajar mekredibilatasi blog kan lebih baik mas???maaf telat saya barusan chat ama Master blog saya ada trouble mas.....good luck ya

    BalasHapus
  48. memang nggak mudah menempatkan keyword kita di halaman pertama search enggine. dari sekian banyak keyword yang kita pakai adakah satu keyword yang di halaman pertama>>?
    namun bagi saya dalam ilmu motivasi sangat dianjurkan menggunakan kata-kata positif, karena kata-kata positif sebagai personal motivator kita.
    sukses luar biasa cerdas untuk anda

    BalasHapus
  49. Betul..betul..

    Tidak ada jalan pintas menuju kursi juara

    BalasHapus
  50. setuju.... bener kag... selayaknya orang skulah...
    hehehe.... siapa rajin jdi juaranya....


    Dukung dengan Vote ina DISINI yah.
    Dukungan kalian sangat berarti buat ina... thanks before :)

    Mau tau Asyiknya Menulis di Blog???
    Ina ada tipsnya, baca DISINI

    BalasHapus
  51. memang dibutuhkan waktu untuk belajar SEO kang, tidak semudah yang kukira

    BalasHapus
  52. iyah intinya kompetensi..
    nice post :) like this
    lets make a friendship
    from :putra site

    BalasHapus