Kunci Sukses buat SEO di Blog Anda


Apasih itu tentang SEO untuk blog?

SEO atau search engine optimization untuk blog adalah teknik-teknik yang digunakan untuk memaksimalkan posisi ranking sebuah blog dimata mesin pencari (search engine). Semakin tinggi posisi ranking sebuah blog dimata mesin pencari, misalnya Google Search Engine, maka semakin besar peluang mendapatkan traffic pengunjung dalam jumlah besar.

Dalam kacamata search engine optimization (selanjutnya ditulis SEO), terdapat dua ranah penting yang harus diperhatikan untuk memaksimalkan posisi ranking sebuah blog dimata mesin pencari (search engine). Pertama, on-page optimization atau optimasi dalam halaman blog. Kedua, off-page optimization atau optimasi di luar halaman blog.


Kunci SEO Untuk Blog Anda

(1) ON-PAGE OPTIMIZATION
Setidaknya terdapat dua elemen utama SEO dalam ranah on-page optimization. Pertama, blog attribute. Kedua, content attribute.

A. BLOG ATTRIBUTE
Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika Anda baru akan memulai membuat blog atau ingin memaksimalkan SEO bagi blog Anda adalah:

1. Nama domain
Nama domain adalah alamat URL blog Anda. Meskipun memiliki peran dalam SEO, namun saat ini nama domain tidak lagi diperhitungkan sebagai elemen utama SEO. Artinya, Anda tidak perlu lagi terlalu terobsesi untuk memasukkan kata kunci yang Anda bidik sebagai nama domain. Akan lebih baik apabila Anda berusaha menciptakan nama domain yang catchy, mudah diingat dan mudah dilafalkan.

2. Nama blog
Nama blog bisa sama, namun bisa pula berbeda dengan nama domain blog Anda. Dalam kacamata SEO, nama blog memiliki peran penting. Ada baiknya Anda menciptakan nama blog sesuai dengan kata kunci yang Anda bidik. Meskipun demikian, jangan menciptakan nama blog yang susah diingat, terlalu generik atau pun terlalu panjang. Maksimal 80 karakter saja.

3. Meta tag
Secara sederhana, meta tag adalah uraian ringkas mengenai isi situs dan kata kunci yang Anda bidik dengan blog Anda. Panjang deskripsi meta tag sebaiknya tidak lebih dari 80 karakter.

4. Desain dan layout blog
Desain dan layout blog (theme) memiliki nilai cukup penting dalam kacamata SEO. Kebanyakan platform blog saat ini sebenarnya telah bersifat SEO-friendly. Namun sebagai kunci, patut diperiksa bahwa struktur kode konten harus selalu berada di bagian paling atas ketimbang bagian-bagian yang lain.

5. Gambar
Dalam kacamata SEO, atribut gambar akan memberikan nilai tersendiri, terutama untuk hasil pencarian images melalui mesin pencari. Panjang atribut gambar sebaiknya tidak lebih dari 40 karater.

6. Atribut HTML
Atribut HTML terutama berkaitan dengan struktur heading tag HTML. Struktur heading H-1, H-2, atau H-3 sebagai penanda tingkat kepentingan judul di dalam konten akan memberikan nilai tersendiri dalam SEO.


B. CONTENT ATTRIBUTE
Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika Anda hendak menulis sebuah posting konten untuk blog Anda adalah:

1. Kata kunci (keywords)
Kata kunci adalah kata yang menjadi topik atau ide utama di dalam sebuah artikel di dalam blog. Dalam kacamata SEO, kehadiran kata kunci di dalam konten memiliki nilai yang sangat penting. Melalui kata kunci inilah mesin pencari akan memberikan nilai sebuah artikel atau blog di dalam hasil pencarian mesin pencari (Search Engine Result Pages). Semakin tepat jumlah dan pilihan kata kunci yang dipergunakan, semakin besar peluang optimasi mesin pencari yang bisa diberikan.

2. Jumlah kata kunci (keywords)
Jumlah atau tingkat kepadatan kata kunci tergantung pada panjang pendeknya sebuah artikel. Namun demikian, sebagai panduan, dalam setiap artikel setidaknya harus ada 2-5 kata kunci yang dibidik di dalam sebuah artikel. Terlalu banyak kata kunci dalam sebuah artikel justru akan memberikan efek negatif karena cenderung akan dianggap sebagai spam content oleh mesin pencari.

3. Variasi kata kunci (keywords)
Selain jumlah, faktor penentu SEO yang lain adalah variasi kata kunci. Ketika menulis konten, sebaiknya kata kunci yang dibidik tidak tepat sama dan sekedar diulang-ulang. Alih-alih mengulang-ulang sebuah kata yang sama, akan lebih baik apabila Anda menuliskan variasi atau sinonim kata kunci yang dibidik. Hal ini selain untuk mencegah stigma spam content oleh mesin pencari, juga akan semakin memperkaya perbendaharaan kata kunci yang Anda bidik.

4. Posisi kata kunci (keywords)
Sebagai panduan, posisi kata kunci sebaiknya berada pada kalimat pertama dalam paragraf pertama, serta pada paragraf terakhir. Meskipun demikian, ada baiknya agar isi artikel tetap alami, kata kunci tersebar pada bagian tubuh artikel itu sendiri.

(2) OFF PAGE-OPTIMIZATION
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam ranah off-page optimization atau optimasi di luar halaman blog adalah:

1. Jumlah backlink
Secara sederhana, backlink adalah link yang berasal dari blog lain ke blog Anda. Semakin banyak backlink dan semakin berkualitas backlink yang memberikan tautan ke blog Anda, semakin besar pengaruhnya terhadap ranking SERP blog Anda di mesin pencari. Anda bisa mendapatkan backlink dengan cara:

- meminta backlink kepada blogger lain
- melakukan link exchange dengan blogger lain
- membuat backlink sendiri dari dummy blog
- melakukan linkbait
- menulis konten berkualitas yang membuat blogger lain mau secara sukarela memberikan backlink kepada Anda

2. Kualitas backlink
Backlink yang berkualitas memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

- berasal dari blog setopik
- berasal dari authority blog (minimal PR 7)
- one-way backlink
- tidak berasal dari link-farm

3. Natural backlink
Natural backlink adalah backlink yang diberikan kepada sebuah blog dengan ciri-ciri sebagai berikut:

- link diletakkan di dalam kalimat (tidak di dalam blogrol)
- berupa variasi kata kunci
- berupa gabungan inbound dan outbound link
- link tidak berasal dari IP yang sama
- link berupa deep linking (link ke halaman artikel dan bukan ke halaman homepage)


Dengan melakukan atau memeriksa kembali poin-poin kunci SEO untuk blog diatas, upaya memaksimalkan posisi ranking di SERP (Search Engine Result Pages) bagi blog Anda niscaya akan mendapatkan hasil seperti yang Anda harapkan.

79 komentar:

  1. wah top artikel nih.
    tengkiu artikelnya, top abis dahhhh.
    o iya aku juga punya artikel kecil nih, teman2 mampir ya...

    BalasHapus
  2. wah saya terlambat noh mas, sy baru mulai. kapan dan dimana ada kursus lagi mas?

    BalasHapus
  3. tanpa sengaja, pertama kali berkenalaan dengan blog ilmu-ilmu ini terpakai dengan sendirinya..

    tapi begitu di-sengaja-kan, kadang malah nyungseb (terjerumus) ke sandbox bete kan..

    salamhangat

    BalasHapus
  4. link bait itu apa ya? mohon penjelasannya teman2

    BalasHapus
  5. Angga : Thanks apresiasinya Mas. Semoga bermanfaat.
    Amatbrants : Silahkan pantau terus CosaAranda.net, Mas. Ada banyak informasi di sana. Good luck!
    Bangzenk : Hehehe. Sabar Mas.
    lowongan kerja : Sabar mas, mungkin postingan berikutnya gus jabarin deh, sabar aja ya

    BalasHapus
  6. wih lengkap banget gus. . .

    BalasHapus
  7. Wah sip ny mas tutorx..kunjungan balik + dpt ilmu :-D, thanks ya..

    BalasHapus
  8. thank's buat infonya sob !!! , sangat membangun !

    BalasHapus
  9. waduh hebat euy postingnya,,, blog ini memng berkualitas tinggi tak salah om google memberikan tempat di atas untuk situs ini

    BalasHapus
  10. Makasis gus very good banget deh.....
    Tapi masalah template yang dikatakan kurang tepat saya masih bingung, maklum baru belajar.

    BalasHapus
  11. Penjelasa yang mudah dimengerti, terima kasih banyak mas. jadi nambah pengetahuan tentang seo

    BalasHapus
  12. Setelah baca artikel ini, sekarang saatnya berusaha meningkatkan page rank dan back link... :)

    BalasHapus
  13. bahasaanya enak banget dimengerti gus

    BalasHapus
  14. masih bigun nich masalah SEO

    BalasHapus
  15. makasih sangat gus tips nya ...

    BalasHapus
  16. Harus banyak berguru dengan gus ikhwan nih... infonya bermanfaat sekali untuk pemula seperti saya...makasih ya gus

    BalasHapus
  17. Saya pernah membaca juga mengenai topik seperti ini, sekilas jika dibaca mudah tapi prakteknya ternyata masih ribet juga

    BalasHapus
  18. Devianty: Sama-sama Mbak Devi.
    Bayu: Semoga bermanfaat Mas.
    Don: Mungkin perlu terus bereksperimen Mas. Nggak cepet putus asa.
    Dan makasih udah mampir ditengah malam gini

    BalasHapus
  19. Alamakkkk.... nie dia penjelasan yg bagus punya...
    wah itu sangat berguna bgt buat aku nie...

    makasih ya atas infonya....

    BalasHapus
  20. Weleh2x...komplit banget dah, very nice article, gak berani koment lebih jauh he3x... boleh simpen ya ... tengkyu 'n lam kenal semua

    BalasHapus
  21. saya akan mempelajarinya mas..sungguh sangat..aku ingin..

    BalasHapus
  22. Wis Ta-lah reek... Ngakune ae Muride mas Cosa, kang rohman, om agus dan ngakune blogger newbi! Tapi lha artikele mak bedunduk yo sip tenan lho. Tapi aku mendukung pendapate Yudha ae lah, kupas tuntas sing detail cak... gawe serial yo ra popo yoan.
    sukses terus gus

    BalasHapus
  23. Gus Ikwhan,
    terima kasih atas tipsnya. Kadang2 tips yang informatif sekaligus mengingatkan kembali seperti ini penting sebab kadang2 kita lupa menerapkannya.

    BalasHapus
  24. Langsung ta copy ya gus ikhwan artikelnya, kalo dibaca sekali aja kurang yakin :) Bukan untuk di copas, tapi untuk bahan renungan, eh pembelajaran :)tapi kok banyak yang kurang detail ya gus ikhwan, mungkin besok bisa dikupas satu - satu ya bos.

    BalasHapus
  25. Emang menarik kalo ngomongin SEO...soalnya gampang2 susah tp perlu...btw Mas yang termasuk dalam linkfarm itu apa yah? apa kalo blog yg blogrollnya segudang masuk kategori ini? trus nanggepin komen di atas emang kalo paid review pake blogspot, akun kita bisa di banned yah? thanks...

    BalasHapus
  26. Tyo: Sama-sama Mas Tyo. Thanks udah mampir
    Deddy: Thanks apresiasinya Mas Deddy. Sebenarnya ini cuma catatan pribadi setelah ikut workshop SEO-nya Mas Cosa kok. Beliau yang hebat.
    Heddy: Sama-sama belajar Mas Heddy. Semoga bermanfaat
    (Heddy dan Deddy) hampir sama ya namanya apa kembar ya?? made on
    Sawasanganam: Lek kupas tuntas jatahe Mas Cosa
    Fashion dan kecantikan: Sama-sama Mbak.
    Jimmy Kurnia Indradjaya: Sebenarnya ini juga menjadi pengingat buat saya pribadi kok Mas Jimmy. Ketimbang disimpan di arsip laptop, lebih baik saya share di blog ini. Thanks Mas Jimmy. :)
    Yudha: Memang tidak bisa mendetail, Mas Yudha. Untuk detailnya, sebaiknya ikut workshopnya Mas Cosa (seperti saya). Hehehe. :)

    Atau ada yang mau bantu Mas Yudha?

    BalasHapus
  27. Charly: Link farm biasanya berupa situs-situs yang memberi tawaran backlink menggiurkan (yang sebenarnya to good to be true). Ada yang berbayar. Ada yang gratisan.

    Blog dengan blogrol segudang, hemat saya, tidak termasuk link farm. Cuma biasanya dianggap Splog (spam blog) oleh Google.

    Soal paid review, mungkin maksudnya bukan dibanned, Mas Charly. Tapi dipenalti nilai PR-nya oleh Google karena Google nggak suka paid review. Misalnya dari PR 3 diturunkan jadi PR 0.

    BalasHapus
  28. Capek juga ya mikirin SEO, tapi mau gak mau itu harus di kerjain kalau ingin mendapatkan free traffik, dari pada harus pake adword yang harus bayar. tapi ngomong2 rangkumannya bagus bgt gus ikhwan.

    BalasHapus
  29. setuju mas terutama metatag ngaruh banget tuh bagi aku, mas mau tanya kalo ada blog yang lagi ga keurus sebulan krn ngurus blog lain enaknya diapain ya? lagi pula blog itu bingung mau ngepost apa gitu jadi ga keurus, sekarang lagi focus naikin freedownloadkomikku yang makin lumayan aja

    BalasHapus
  30. Semua tips SEO sudah dibabat habis ni .. Jadi ga enak mau lanjutin tutorial di blog saya hehehe

    BalasHapus
  31. feri :
    Kalau mau serius menekuni dunia blogging dan make money from blogging, kayaknya memang harus belajar SEO, Mas Feri. Kecuali kalo ngeblog sekedar hobi, SEO bisa nggak penting sama sekali.
    Thanks pujiannya, Mas Feri. :)

    bdn :
    Kalo memang belum fokus, mungkin sementara bisa dijadikan backlink saja Mas Didit. Atau didaftarkan paid review?

    ipung :
    Saya cuma mencatat kok Mas Ipung. Mas Cosa yang ngajarin. Hehehe

    BalasHapus
  32. ngerti dikit2, tapi sy masih blom optimal nih meraktekinnya

    BalasHapus
  33. Khotib: Mari kita praktekkan Mas Khotib.

    BalasHapus
  34. waah..... makasih buaaanget ni sobt... kbetulan lagi belajar ikutan kontes SEO nih.. mohn dukungannya.. :D

    BalasHapus
  35. panjang banget penjabaranya, tapi mudah dipahami dan mantab ilmunya

    BalasHapus
  36. ilmu baru lagi ni gus tentang seo

    BalasHapus
  37. Wah uda kembali blogging nie gus. Lama tak berjumpa denganmu. Nice post gus. Sangat bermanfaat buat saya sekarang ini. Thanks ya!

    BalasHapus
  38. yg masih sulit yaitu menaruh keyword yg tepat pada artikel...hehehehehe

    saya pelajari dulu ya Gus, thank's...

    BalasHapus
  39. ternyata begitu lebar jalan SEO an itu ya..sudah lama ga pernah optimalkan lagi SEO2 an

    BalasHapus
  40. Darimana kita mengetahui Keyword yang banyak dicari hehehe

    BalasHapus
  41. meskipun prakteknya gampang2 susah tapi informasi ini memang harus dijalankan untuk memperoleh rating tinggi..thanks mas ulasannya

    BalasHapus
  42. wah penjelasannya ok banget

    thanks ya

    BalasHapus
  43. Jitu mas caranya..
    saya mw nanya juga nih.
    Mungkinkah saya(pake blogspot) jadi juara seo?

    BalasHapus
  44. Sangat membantu mas, terima kasih banyak. olehnya sy akan memberi backlink PR 3

    BalasHapus
  45. duh buat nyubi Seo tuh rada rada bikin pusing yah hue hue

    BalasHapus
  46. Gmn ya mas biar bisa dapat banyak natural backlink?

    BalasHapus
  47. Banyak banget yang harus dioptimasi. Thanks sob untuk artikel yang sangat bermanfaat ini.

    BalasHapus
  48. ihsan: Hehehe. Semoga ada daya dan tenaga (dan waktu) untuk menulis soal keywords, Mas ihsan.
    Atau ada yang mau bantu Mas ihsan? :)

    Tony: Barangkali perlu dimulai evaluasi lagi Mas Tony. Saya juga kok.

    Ensept: Benar Mas Ensept. :) Thanks udah mampir lagi.

    BalasHapus
  49. Wah mantap ny mas, jd tw ny tentang SEO..;-), trims bgt ilmux mas..salam..

    BalasHapus
  50. membantu sekali gus akan di coba tipsnya . . . ngomong2 udah sembuh yah ??? ^_^

    BalasHapus
  51. lengkap banget nih Gus...
    makasih banyak.

    BalasHapus
  52. sekedar checklist untuk off-page SEO :

    Apakah sudah rutin melakukan submit directory?

    Apakah sudah bergabung dengan forum yang relevan dan menambahkan link ke situs Anda pada area signature?

    Apakah sudah berkomentar secara rutin pada blog yang relevan, yang ada link ke situs kamu?

    Apakah sudah rutin men-submit artikel kamu ke situs social bookmark seperti Digg dll?

    Apakah sudah bertukar link dengan situs-situs yang terkait?

    Apakah sudah rutin men-submit artikel kamu ke direktori artikel?

    Apakah kamu membeli link di situs yang terkait?

    Apakah kamu membeli review di situs terkait?

    Karena off-page SEO adalah proses yang tidak pernah berakhir, sebaiknya kamu memeriksa checklist diatas seminggu sekali dan membuat catatan atas kemajuan yang kamu dapatkan.

    Dan bukan tidak mungkin checklist diatas akan bertambah sesuai pengalaman yang kamuhadapi, kalau sekarang memang sudah ada tambahan, mohon dikasih tambahan

    BalasHapus
  53. Makasih atas Informasi nya....

    BalasHapus
  54. akhirnya nyampai sini juga....link td gak bisa kesini, kirain salah ngasih link tadi...

    makasih banyak artikelnya, gak ngerti SEO nih...

    BalasHapus
  55. koq dikasih link itu lagi, dari sini gak bisa dibuka link yg dipakai tadi.
    kenapa ya?
    alamat yg WP mana?

    BalasHapus
  56. wah ini baru artikel mantap Gus! :)
    lanjutkan!

    BalasHapus
  57. terima kasih sahabat sudah berbagi tips dan trik seo, semoga kita bisa mengambil hal yang penting dalam seo seperti artikel diatas saya gak bisa mengambil semua informasinya dan saya harus mengambil intinya saja

    BalasHapus
  58. Wahhh... lengkap banget nich gus. Makasih untuk tipsnya...

    BalasHapus
  59. wah thanks ya kbetulan saya lg ikut kontes NegeriAds.com Solusi Berpromosi

    BalasHapus
  60. kagak tahu ya pakde ini masih sangat sulit untuk memahahi SEO, pakde akan coba untuk memahaminya pelan pelan

    BalasHapus
  61. saya sedang belajar gus..!

    uhm, tapi cuma sedikit yang masuk :)

    BalasHapus
  62. wah mantab neh mas,
    infonya bagus,,
    boleh saya coba

    BalasHapus
  63. oke kalau begitu...he he he sedot dulu optimasi SEO-nya bung ikhwan

    BalasHapus
  64. wah soryy ane lihat ;ihat kayaknya foto ane belum terpampang neh di blog ini,,
    ijikan saya untuk follow blog kamu ia,,
    dan jika berkenan follow balik ia

    BalasHapus
  65. bagus ini sobat memnag kita seharusnya menerapkannya y

    BalasHapus
  66. Makasih udah berkunjung dan meninggalkan komentar

    BalasHapus
  67. wah blog kamu keren yah
    gabungan kontent ma template yang apik

    SEO? kapan yah blog ku terdeteks dan nangkring di halaman depan. hahhaha ngarep banget

    BalasHapus
  68. kerennnnn
    tak pelajari dulu

    BalasHapus
  69. mantab nih ulasannnya.. kebetulan aku sedang mencari teknik SEO palin jitu untuk blog baru saya.. makasih bank :D

    BalasHapus
  70. wah mantap gus,,,infonya boleh dicoba nih...

    BalasHapus
  71. Penjelasannya singkat padat dan jelas. Mantap bgt sob.. :)

    BalasHapus
  72. jelas banget nih penjelasannya...sangat sangat berguna banget buat blogger newbie kayak aku ini...

    BalasHapus
  73. SEO emang gak ada matinya utk dibahas

    BalasHapus
  74. Sip infonya gus.. mantap ... belajar dulu ya...

    BalasHapus
  75. Thanks infonya but penjelasannya terlalu singkat...

    BalasHapus