5 Tips Berhenti Merokok

Banyak yang menanyakan kepada saya, bagaimana saya berubah dari seorang perokok kuat menjadi perokok biasa hingga akhirnya berniat stop sama sekali. Percayalah, hal ini bukanlah perkara yang mudah kecuali disertai dengan kekuatan niat. Sebelum Anda punya niat berhenti, maka berhenti merokok hanyalah bersifat sementara. Apalagi jika lingkungan yang dihadapi setiap hari adalah lingkungan para perokok. Namun begitu, saya memiliki beberapa tips yang mungkin bisa digunakan oleh siapa pun yang berniat berhenti merokok tanpa harus menghindar dari para perokok.

Banyak orang mengatakan, kalau mau stop merokok itu satu-satunya jalan adalah juga berhenti bergaul dengan para perokok. Hal ini ada benarnya tetapi tidak 100% benar. Banyak teman-teman saya yang bisa berhenti merokok tanpa harus meninggalkan tempat tongkrongannya yang berisi para perokok. Banyak juga pendapat, merokok bisa stop kalau sudah sakit. Hal ini juga tidak sepenuhnya benar, karena saya melihat banyak juga mereka yang sakit dan kembali merokok ketika mendapati dirinya atau merasa dirinya sehat kembali.

Berikut 5 tips yang telah saya lakukan:

  1. Latihan untuk mengurangi rokok dengan Tips Mengurangi Kebiasaan Merokok yang telah saya tulis tahun lalu.
  2. Setelah Anda cukup yakin bahwa Anda bisa mengurangi rokok, baik melalui tips diatas maupun menggunakan tips sendiri, maka tentukanlah sebuah hari dimana Anda akan mendeklarasikan diri Anda untuk berhenti merokok.
  3. Nah, tugas berikutnya adalah umumkan kepada siapa pun bahwa Anda akan berhenti merokok pada tanggal tersebut. Semakin banyak yang mendengar semakin bagus. Bahkan semakin bagus jika banyak yang meragukan niat Anda tersebut :)
    *mengapa harus diumumkan? nah, Anda akan tahu sendiri jika sudah melakukannya ;) *
  4. Pada hari yang telah ditentukan, lakukanlah dengan yakin bahwa Anda bisa stop merokok.
  5. Jujurlah untuk meberitahukan kepada siapa pun jika suatu hari Anda melanggar niat tersebut. Dan tetaplah untuk mencoba melanjutkan niat berhenti merokok tanpa harus membatalkannya.

Tips tambahan adalah, jangan percaya kepada tips yang diberikan orang yang dulunya bukan perokok. Jadi tanyakan dulu kepada pemberi tips, “Apakah Anda dulu merokok?” ;)

Sementara bagi Anda yang bukan perokok, jagalah untuk tetap tidak merokok. Sayang jika dulunya bukan perokok menjadi perokok hanya gara-gara ingin mencoba, lebih buruk lagi jika hanya sekedar ingin gaya mengikuti tren teman-temannya :)

16 komentar:

  1. saia akan mencobanya gus, makasih udah berbagi tips

    BalasHapus
  2. Keren tipsnya, Gus. Emang seharusnya kalo bukan perokok jangan coba2 ngasih tau tips berenti ngerokok. Temen saya dulu ada yang bilang gitu, terus saya pelototin terus saya bilang, “Emang lo tau rasa gak enak kalo abis makan gak ngerokok?” :P

    Tapi, saya juga udah sebulan lebih sehari udah berenti. Gak susah, kok. :D

    BalasHapus
  3. Untung saya ga ngerokok, jadi ga perlu ngelewatin derita perokok bwat berhenti

    BalasHapus
  4. tips yang semoga berguna bagi perokok yang lain, karena pada dasarnya semua kembali ke individunya, udah niat dengan sungguh-sungguh atau hanya pura-pura saja..

    daripada bersusah payah berhenti merokok, lebih baik tidak pernah merokok sama sekali

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah aku bukan perokok. Dan insyaAllah gak mungkin ngerokok, lha bau rokok aja udah gak kuat.

    BalasHapus
  6. saya tahu alasan poin 3… kalau udah koar-koar mo brenti merokok, dan nggak jadi kan malu, hehehe…. ya kan? ya kan???…

    BalasHapus
  7. Dengan ini saya umumkan kalo saya akan berhenti merokok tahun ini, kekekekeee…. kelamaan ya gus? boleh ga kalo targetnya lama begitu?

    BalasHapus
  8. @gajah_pesing :
    Yok yok :)

    @Obi-Wan :
    Wah iya ya … kita startnya bareng ;)

    @Andi MSE :
    BENEEEERR :d

    @andri :
    Lho, ya gak apa-apa, terserah ajah

    BalasHapus
  9. Yang akan menjadi masalah sulitnya berhenti merokok adalah jika teman disekitar kita merokok. Maka akan sangat sulit kalau seperti itu…

    BalasHapus
  10. @mamas86 :
    Sesuai dengan apa yang saya tulis diatas, saya melakukannya dalam kondisi seperti yang Anda sebutkan :) Alhamdulillah sampai saat ini niat jalan terus sementara sekitar saya merokok.

    BalasHapus
  11. Pernah ngerasain gimana susahnya brenti merokok,dan alhamdulillah bisa

    BalasHapus
  12. alhamdulillah untungnya saya tidak merokok !!!!!

    BalasHapus
  13. Semoga berhasil gus….Suamiku cuma bertahan seminggu doang

    BalasHapus
  14. Harus dari hati mas…klo gak susah deh…
    untung aku gak ngerokok

    BalasHapus
  15. Selamat atas keberhasilannya ^:)^

    Makan² kalo sukses ya gus
    Semoga cita cita menuju kursi webmaster terwujud amin

    BalasHapus
  16. Hebat, …Bapak saya baru bisa berhenti pas udah umur deket 50 tahun ..

    BalasHapus