Plus Minus tentang No Follow dan Do Follow

Pengertian Dofollow adalah menginstruksikan search engine agar memberi efek peningkatan ranking pada link target dari suatu teks hyperlink pada indeks search engine-nya. Sedangkan Pengertian Nofollow adalah atribut kode HTML yang digunakan untuk menginstruksikan search engine agar tidak memberi efek peningkatan ranking pada link target dari suatu teks hyperlink pada indeks search engine-nya. Secara default semua link menggunakan fungsi dofollow, tanpa perlu menambahkan atribut kode HTML. Sedangkan untuk mengaktifkan fungsi nofollow, perlu ditambahkan kode HTML rel=”nofollow” atau rel=”external nofollow” pada link yang ada di blog kita.

Tujuan penambahan atribut nofollow adalah untuk mengurangi spam sehingga akan meningkatkan kualitas hasil pencarian dari suatu search engine dan juga mencegah search engine salah mengindeks spam yang memungkinkan menduduki peringkat tertinggi pada suatu keyword tertentu.

Pengertian nofollow menurut wikipedia adalah:

Nofollow is an HTML attribute value used to instruct some search engines that a hyperlink should not influence the link target’s ranking in the search engine’s index. It is intended to reduce the effectiveness of certain types of search engine spam, thereby improving the quality of search engine results and preventing spamdexing from occurring.

Blog Dofollow Vs Nofollow

Keuntungan dan kekurangan blog dofollow dan blog nofollow untuk pemilik blog maupun pengunjung blog kita coba bandingkan dalam bentuk tabel berikut:

Kelebihan kekurangan terhadap

Blog Dofollow

Blog Nofollow

Pemilik Blog



- Jumlah Komentar Jumlah komentar lebih banyak terutama dari pengunjung yang oportunis yang ingin mengambil keuntungan backlink gratis Jumlah komentar lebih sedikit dan berasal dari pengunjung setia blog atau pengunjung baru yang ingin berkenalan atau pun hanya blogwalking.
- Kualitas Komentar Sebagian besar komentar adalah SPAM dan tidak berkualitas Kualitas komentar lebih baik dan umumnya komentar diberikan karena isi tulisan bermanfaat atau berupa pertanyaan
- Jumlah dan Kualitas Pengunjung Pengunjung terutama pengunjung oportunis akan lebih sering berkunjung untuk meninggalkan komentar sehingga jumlahnya makin meningkat Pengunjung terutama adalah pengunjung setia atau pengunjung baru yang hanya akan kembali lagi bila isi blog bermanfaat menurut mereka
- Google Page Rank Google Page Rank akan lebih rendah karena efek “page rank juicer”. Google juga  kurang suka dengan blog yang memiliki terlalu banyak outbound link di banding internal link. Untuk itu perlu diimbangi dengan backlink dari luar. Google Page Rank tidak akan terpengaruh
- Alexa Rank Peringkat alexa umumnya cepat turun atau rendah untuk blog tipe ini karena traffic blognya makin ramai yang berarti makin baik. Peringkat alexa umumnya lebih lambat turun kecuali isi blognya menarik dan bermanfaat sehingga ramai dikunjungi pengunjung.

Pengunjung Blog



- Page Rank Backlink gratis ke blog pengunjung, yang bisa membantu meningkatkan Page Rank bila blog yang dikunjungi memiliki page rank tinggi Tidak ada pengaruh ke page rank blog pengunjung

Kesimpulan Kombinasi Dofollow Dan Nofollow

Melihat kelebihan dan kekurangan masing-masing tipe blog dofollow maupun nofollow, tipe blog mana yang sebaiknya kita pilih? Hal ini sepenuhnya tergantung pada masing-masing pemilik blog. Blog ini sendiri menganut kombinasi dofollow dan nofollow. Maksudnya? Untuk komentar diblog ini merupakan link nofollow, artinya pengunjung tidak akan mendapat backlink gratis. Namun sebagai gantinya, 10 pemberi komentar terbanyak mendapat hadiah backlink gratis di sidebar blog ini sebagai top komentator dan merupakan dofollow link. Selain itu, 10 blog yang terbanyak mengarahkan pengunjung ke blog ini juga mendapat hadiah backlink gratis di sidebar blog ini sebagai top referrer yang juga merupakan dofollow link.

31 komentar:

  1. Pertamaxx gus . . . sukses untuk teknik SEOnya

    BalasHapus
  2. Blogwalkin dr kaskus gan..
    jgn lupa mampir ke blog saya

    BalasHapus
  3. Yang punya web ini mending yang mana?
    Kalo website yang bagus biasanya do/nofollow?

    BalasHapus
  4. Saya mau tanya..

    kenapa blog yang nofollow PR-nya bisa lebih stabil dibandingkan yang dofollow?

    Apakah blog yang dofollow tidak bisa stabil PR-nya? Kalau bisa apa yang harus dilakukan ya?

    Soalnya blog saya tipenya dofollow..

    Thanks..

    BalasHapus
  5. Do follow atau no follow tidak jadi masalah. keduanya hanyalah merupakan strategi kita untuk memonetize blog.
    Yang terpenting adalah blog tersebut dapat memberikan manfaat untuk pengunjung blog. Sehingga bisa meningkatkan jumlah traffic dan konversi pada blog kita.
    Salam sukses.

    BalasHapus
  6. Kekurangan dan Kelebihan Do Fullow
    sudahkah anda tahu kekurangan dan kelebihan membuat blog anda menjadi DO FOLLOW, jika belum tahu dan anda hanya sekedar ikut-ikutan bisa fatal loh akibatnya bagi Blog anda.
    Kelebihan Blog Do Follow adalah membuat postingan anda banyak diber Komentar karena para pengunjung Blog anda ingin mendapatkan Back Link secara cuma-cuma dari Blog Anda.Back link ini nantinya akan membantu Blog mereka mendapatkan Rank lebih baik.Ya Ibaratnya anda memberikan Coklat kepada orang yang rela meluangkan waktunya untuk memberi komentar di blog anda.
    Tapi hati-hati,Blog Do Follow mempunyai banyak kelemahan.Kelemahan Blog Do Follow yang pertama adalah Blog Do FOllow tidak begitu disukai oleh Google karena Blog Do Follow Memberikan Link Keluar yang Banyak.Jadi jangan kaget jika Blog Do Follow tidak menempati halaman-halam awal Google
    Kelemahan atau kekurangan dari Blog Do Follow yang Kedua adalah Blog Do FOllow rawan diserang SPAMMER yang meninginkan Back Link gratis ke Blog anda,mereka membuat sebuah Komentar ala kadarnya saja dan memasang link BLog mereka di Blog Anda.
    Kekurangan Blog Do Follow yang ketiga adalah jika terlalu banyak link keluar yang ada di Blog anda,blog anda bisa dihapus dalam daftar mesin pencari atau minimal Google hanya mengindeks sebagian halaman Blog anda.Tentu saja ini akan membuat pengunjung anda dari Google berkurang atau bahkan tidak ada!!
    Dari keterangan tentang kekurangan dan kelebihan blog do follow saya lebih menyarankan anda untuk membuat blog anda menjadi No Follow karena bila lebih banyak kekurangannya daripada kelebihannya.

    BalasHapus
  7. kalo mau jadi neterpreneurship handal mungkin bagusnya pake nofollow saja

    BalasHapus
  8. Ow begitu ta penjelasannya… dulu gak tau sama sekali tentang no follow dan do follow tapi kayaknya lebih suka yang nofollow tuh Mas Umar…. thanks infonya…

    BalasHapus
  9. informatif bgt artikel2 disini ( bukan spam lho ) . diluar kekurangan dan kelbihan blog yang sudah do follow ( blog saya sudah do follow ) sya megang prinsip, memberi lebih baik daripada meminta, so mo pagerank 0 or minus kek, yg penting do follow. sukses terus gus ikhwan !

    BalasHapus
  10. Saya setuju gan dan Prinsip yang bagus Mas.. Kalo semua blogger begitu, google bisa mati kutu.. hahahahh

    BalasHapus
  11. wah lengkap banget boss… ya emang blog2 dofollow bagus ya bwtblogger..2 yang pemula.. soalnya nanti bisa naikan pagerank yaw…lam kenal ja..link kamu dah ku pasang..kalau boleh di back.

    BalasHapus
  12. blog dofollow emang top bgt buat backlink

    BalasHapus
  13. aku masih menggunakan bawaan standar gus
    blum berani do follow, karena Prnya masih kecil..

    BalasHapus
  14. menarik sekali mengenai awward 10 pemberi komentar terbanyak..
    mg jd contoh yg lain

    BalasHapus
  15. pilih yang mana ya..
    do follow atau no follow

    BalasHapus
  16. Gak enak gus nge share rahasia orang.. Sebagai “Clue” aja, yang ada di daftar blog dofollow di blognya master-master kita itu sebenarnya sudah banyak yang nofollow..

    BalasHapus
  17. wah koment apa ya,bingung tapi sip kok blog nya

    BalasHapus
  18. salam kenal mas
    aku masih belum paham nih mas
    tak coba plugin do follow dulu
    btw trims infonya
    sukses untuk anda

    BalasHapus
  19. Wah baru kali ini gw faham n mengerti apa itu dofollow / nofollow beserta +/- nya. Makasih BOSS. makasih banget buat gus ikhwan
    semoga menjadi master seo

    BalasHapus
  20. salam sahabat
    ehm di sini jarang update tah?infonya lengkap thnxs izin saya save boleh kan?thnxs n good luck

    BalasHapus
  21. dofolow ya dofollow walau ada kemingkinan bakalan d gampar ama mbah google g takut aq gus..... yg penting ngeblog asyik.... asyik2 aja.....

    Renungkan Wahai Sahabat Ku

    BalasHapus
  22. selama nge blog aku ngga' pernah mikirin kaya' ginian,,toh dengan berjalanya waktu PR naik, alexa langsing sndiri..

    BalasHapus
  23. salam kenal blgger wah gak kepikiran aslinya tuh

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. maaf ralat, utk permulaan aq jadiin blog Q jadi do follow mas..utk salam perkenalan k semua blogger senior..bila waktu nya tiba / start utk neter acces aq rubah blog Q jadi no follow

    BalasHapus
  26. salam kenal mas... thanks infonyaaaa

    BalasHapus
  27. dofollow= berkesan instan, kyk mi instan, ada pengawetnya...
    nofollow= berkesan humanoid.... :D

    BalasHapus
  28. Ya, sob, saya garis bawahi kualitas komentar memang akan biasa saja, karna hanya mencari backlink, tapi yang ingin saya tanya, Google katanya mnghapus smua doFollow ke nofollow ya?

    BalasHapus
  29. Koq tumben yang disini diupdate gus? Padahal saya tunggu2 yang di wp. he..he.. Info yang bermanfaat gus.

    BalasHapus