Menulis, Menulis, Menulis dan Publish

Bagi yang belum memiliki keahlian menulis seperti Gus Ikhwan, tentu sering menemukan kesulitan ketika akan mempublish postingan. Jangankan mempublish, postingannya saja tak kunjung selesai ditulis. Saya sering mengalami kejenuhan karena ketidakmampuan dalam merangkai kata-kata menjadi kalimat, paragraf dan tulisan artikel yang utuh. Padahal salah satu kunci sukses dalam Blogging adalah sering mempublish postingan baru atau meng-update postingan lama. Mari berbagi informasi dan pengalaman seputar tips dan trick menulis. Saya akan memulai dari pengalaman tips menulis yang dulu pernah Saya lakukan.

1/ Kumpulkan tema sebanyak mungkin, tema apa saja asal layak ditulis. Inventarisir tema dalam catatan tersendiri karena suatu saat bisa dibuka kembali. Pilih Satu Tema saja yang hendak ditulis. Dengan demikian, dalam penulisannya akan lebih fokus.

2/ Manfaatkan momentum atau peristiwa di luar yang sedang hangat dan aktul terjadi. Ini termasuk jurus jitu jika mampu menangkap momentum tersebut. Tidak harus larut dengan momentum yang ada, tapi bisalah kiranya menelisik ke sisi istimewa dari momentum yang ada.

3/ Pilih topik yang dianggap paling menarik. Karena tema bersifat umum, maka harus ditentukan topik yang dipandang mendesak dan penting untuk ditulis saat itu juga. Bukankah tulisan yang kadaluarsa kadang sudah basi dan tidak menarik lagi? Pastikan topiknya lebih fresh dan up to date.

4/ Tentutan Judul Topik yang diyakini bisa mencerminkan isi dari tulisan. Pilih kalimat yang menarik untuk judul tulisan tersebut. Sebab, orang mungkin sekali tertarik untuk membaca tulisan tersebut karena judulnya juga menarik, dengan catatan isi tulisan relevan dengan Judulnya.

5/ Buat sistematika tulisan secara rapih agar dalam penyusunan kalimat, penyusunan paragraf dan pelatakkan komposisi tulisannya tidak tumpang tindih. Bisa dimulai dari yang umum ke yang khusus atau sebaliknya.

6/ Cari bahan-bahan atau referensi tulisan sebagai dukungan dan atau rujukan terhadap tulisan yang sedang dibuat. Mencari bahan bisa dari Buku, majalah, Koran, atau dari dokumen-dokumen yang tersimpan dalam file Komputer. Mendengarkan berita di TV bisa jadi tulisan koq, tanpa harus mlihat visual gambarnya.

7/ Eksplorasi ide-ide yang terpendam dalam pikiran terkait dengan topik yang sedang ditulis. Tuangkan dalam rangkaian kata dan kalimat sehingga menjadi satu paragraf yang utuh. Jangan lupa lakukan cek sekiranya ada kesalahan dalam peletakan huruf.

8/ Istirahat sejenak. Jika di tengah-tengah menulis mengalami kebuntuan, maka wajib istirahat sejenak guna me-refresh pikiran yang sedang fokus. Setelah sejenak istirahat, dan sangat mungkin bisa menemukan ide baru, silakan menulis lagi. Jika dipandang perlu, menulis sambil mendengarkan musik kesukaan, sediakan minum teh, kopi, air putih juga lebih sehat.

9/ Jika selesai menulis, sekali lagi, jangan lupa periksa seluruh isi paragraf. Masukan sumber tulisan jika merupakan kutipan. Beri aksesories seperlunya seperti ketika harus menulis tebal, miring, garis bawah, atau colour font yang sesuai.

10/ Jika sudah yakin tentang tulisan tersebut, maka langkah terakhir adalah; Publish, publikasikan menjadi postingan dalam Blog.

Itulah tips atau lebih tepatnya pengalaman yang saya lalui dalam hal menulis yang saya lakukan. Masih banyak yang perlu dieksplorasi terkait tulis-menulis. Mudah-mudahan saya bisa menyajikan di postingan mendatang. Demikian, semoga bermanfaat.

13 komentar:

  1. Agar lebih semangat menulis, honornya pra-bayar haha

    BalasHapus
  2. Wah, lebih lengkap di banding postingan saya nih.


    oh ya? langsung ke lokasi;
    eit… tapi bukankah blogging itu merupakan
    usaha saling mengisi saling melengkapi?

    BalasHapus
  3. ayo semangat mas…, banyak jalan menuju rumah eh roma hehehe :)

    BalasHapus
  4. makasih gus atas tips2nya….
    saya jg baru belajar nulis….
    kapan2 jalan ke Blog saya jg gus….

    BalasHapus
  5. @ harianku : yap… tetap semangat, semua ada jalannya;
    @ ahmad al sinji : Saya akan berkunjung balik.

    BalasHapus
  6. info yg bermanfaat bagi saya yg masih baru dlm dunia ngeblog ini. salam kenal…

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum Gus Ikhwan..
    Salam kenal juga, Thanks udh post comment di blog saya.. Btw nama asli saya Andrie , kalo Adhinda tu nama anak saya..hehe..
    Insya Allah kita bs sukses di bisnis online ya.. Jangan sungkan untuk sharing kang.. Ok Sukses NETTERS INDONESIA !!
    (Andrie – 08382.900.40500)

    BalasHapus
  8. @ Aruta : Belajar bareng pinter bareng.
    terima kasih telah berkunjung. Saya juga baru niihhh….

    BalasHapus
  9. kurang lengkap, tapi bolehlah

    BalasHapus
  10. luar biasa!

    tips yang luar biasa!

    pasti Gus Ikhwan penulis hebat nih….

    saya musti sering belajar kemari nih

    BalasHapus
  11. Setuju banget dengan tipsnya gus.
    Satu tambahan lagi : segera catatlah di sebuah kertas/buku ketika memperoleh sebuah ide tulisan (secara tiba-tiba). Karena mungkin saja ide tsb akan segera lenyap atau terlupakan. Padahal bisa jadi, ide itu sangat berharga.

    Itu aja tambahan dari saya gus.

    BalasHapus
  12. @ Nata : Kalo kurang lengkap tambahin aja kaya komentarnya dari ISKANDARIA
    @ Syahuri : Gus ikhwan bukan penulis kok cuman berbai ilmu
    @ iskandaria : Makasih atas koreksinya

    BalasHapus
  13. artikelnya menarik sob makasih ya...... nambah pengetahuan buat rizky

    BalasHapus