Bisnis Online, Internet Marketing dan Make Money Blogging

Bisnis Online atau Bisnis Internet seperti dua sisi mata uang. Kedua sisi ini tidak bisa dipisahkan. Bisnis Online bisa sebangun maknanya dengan Bisnis di Internet karena model bisnis ini menggunakan fasilitas internet sebagai media pemasaran produk dan jasanya. Jadi, dalam Bisnis Online, internet hanyalah media pelayanan pemasarannya sehingga kemudian dikenal istilah Internet Marketing.

Sejauh yang Gus Ikhwan pahami, baru memahami, karena belum jadi pelaku, Bisnis Online dalam siklus Internet Marketing sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Bisnis yang dijalankan secara offline. Ada penjual ada pembeli, ada produk yang dijual dan ada alat pembayarannya. Namun perbedaan yang tipis tersebut justeru menjadi ciri khas dari Bisnis Online.

Misal saja, dalam Bisnis Online, cara pemasarannya bisa melalui e-mail, milis, iklan, blog dan website yang semuanya berbasis internet. Blog semakin hari semakin berpeluang menjadi media pendulang uang yang sering disebut dengan istilah make money blogging. Ibarat sebuah warung atau toko, Website atau Blog misalnya, bisa dijadikan, Blogshop, toko online, warung digital atau nama sejenisnya.

Dalam Bisnis Online, produk yang dipasarkan bisa berupa produk fisik maupun produk digital. Produk fisik dalam hal ini memerlukan pengiriman produk melalui jasa post, sedangkan produk digital seperti ebook, software, fasilitas internet lainnya menggunakan akses koneksi internet.

Konon di luar negeri, Bisnis Online tumbuh semakin pesat. Ini karena model Bisnis Online muncul dan berkembang untuk pertama kalinya di luar negeri, baru beberapa tahun berkembang di Indonesia. Konon, (lagi) di sana sudah banyak orang yang mengandalkan penghasilannya dari Bisnis Online. Dari berdagang kecil-kecilan, menjual jasa dan ketrampilan sampai menjadi pengusaha besar yang sukses dengan menjadi Internet Marketer.

Dalam prakteknya, Bisnis Online bisa dilakukan di mana saja asal terkoneksi dengan jaingan internet. Kelihatannya mudah? Ya bagi yang sudah expert, bagi pemula tentu sangat sulit sehingga masih perlu belajar. Karena koneksi internet berlangsung nonstop 24 jam, maka ruang dan waktu untuk menjalankan Bisnis Online tidak terbatas sehingga transaksi bisa dilakukan kapan saja.

Ungkapan tersebut bisa jadi benar. Karena koneksi internet sebagai media pelayanan Bisnis Online memungkinkan hampir semua proses dalam Bisnis Online ini diotomatisasi selama 24 jam non stop. Antara Bisnis Online, Internet Marketing dan Make Money Blogging, ketiganya saling bertautan sehingga tidak bisa dipisahkan.

Mudah-mudahan posting ini bisa menjadi PINTU MASUK bagi saya untuk memulai memposting artikel tentang bisnis online pada kesempatan mendatang, dan yang jelas, saya sambil terus belajar; termasuk belajar kepada Sahabat Blogger semuanya. Karena saya meyakini bahwa bagaimanapun juga, praktek Bisnis Online menjadi nonsens jika tidak mau Belajar Bisnis Online itu sendiri.

30 komentar:

  1. wah sebuah ajakan yang bagus bagi para blogger pemula seperti saya untuk memasuki bisnis online, mas kalo bisa saya mau request dibuatkan ebook untuk tips” mengenai bisnis online ini

    BalasHapus
  2. Wah 3 kata itu emang sangat berkaitan dan saya sedang dalam proses belajar 3 kata itu

    BalasHapus
  3. mantabs boss..terus berbagi ilmu ya,ditunggu deh tulisan tentang bisnis onlen nya.

    BalasHapus
  4. infromais yg menarik dan bgs banget..hehe, sayangnya aQ msh blm fokus banget buat nyari duit, kuliah aja belum kelar2..hehe…semangat!

    BalasHapus
  5. Waw, bahasanya tinggi banget nih…

    BalasHapus
  6. akankah saia menjadi seorang internet marketer yang sukses? tp yang pasti istilah “from zero to hero” sangat berlaku sekali dalam bisnis OL ini [gak ada kan yg hari ini terjun trus langsung sukses?]

    untuk menjadi seorang master dalam hal internet marketing pastinya menghadapi proses yang berat ya, karena bukan hanya persaingan yang begitu ketat saja namun harus dibutuhkan banyak pengetahuan dan pengalaman, yang nantinya akan menjadi sebuat output bagus bagi perkembangan IM tsb.

    BalasHapus
  7. Semangat gus… saya support anda selalu…

    Btw themesnya keren… ambil dimana gus?

    BalasHapus
  8. 3 hal yang harus dipelajarin secara tekun

    BalasHapus
  9. saya juga sedang belajar membangun usaha sampingan dari bisnis online. Apalagi di tengah badai krisis seperti ini, bisnis online menjadi alternatif yang bisa diandalkan.

    BalasHapus
  10. Betul sekali kang.tapi diperlukan kesabaran dan kehati-hatian dalam berbisnis online, jangan sampe kita ngikut scam.Kang blognya aku link ntar link balik ya. sukses

    BalasHapus
  11. belajar & memotivasi diri sangat diperlukan gus, saya juga blom bisa apa-apa nih, thx tulisannya bagus sekali

    BalasHapus
  12. Wah nyong kudu meguru maring rika ben pinter nggolet recehan onlin. Btw nyong sering dolan meng tambak reja loh, umaeh rika ngendi??

    BalasHapus
  13. asik nie, berarti di posting berikutnya saya bisa belajar lebih tentang internet marketing disini nie ..

    BalasHapus
  14. judul postingan ini yang sampai saat ini saya blom begitu mengerti. dan masih dalam tahap kebingungan

    BalasHapus
  15. banyak yg gagal karena tidak fokus

    (eh… saya sendiri blom berhasil ….!)

    BalasHapus
  16. Salam kenal
    Wah memang susah ya jadi pelaku bisnis online…tetap semangat..kamu bisa !!!!!!

    BalasHapus
  17. wah… kapan bisa ikutan nih..???
    tapi… mampu gak yah??

    BalasHapus
  18. Kalau ada tekad kuat dan mau bekerja keras pasti mampu.
    Yang penting belajar, belajar, belajar and belajar.
    Saya juga awalnya begitu.

    BalasHapus
  19. WaH… mesti berguru dengan kang nawar nih kayaknya…

    BalasHapus
  20. banyak guru yang hebat banyak ilmu yang didapat

    BalasHapus
  21. @ harianku : aku gak punya ebook-ebook tentang itu, maaf yaaa..
    @ bocah : saya ikut belajar ke Sampaian Cah
    @ sarah : lulus kuliah sudah jadi pelaku bisnis andal, Ok.?
    @ arif : ini balik ke theme asal, kemarin tuhh alpen3cool
    @ mascayo: sukses selalu untuk Mas Cayo
    @ kemix : saya sdg ngumpulin link untuk blogroll…
    @ bawor : umahku nang About, jajal dipenthelenegi maning
    @ anton : salam kenal balik, tksh.

    BalasHapus
  22. Saya siap nungguin ilmu2 gus ikhwan selanjutnya

    BalasHapus
  23. wah..keren juga nich
    siap2,nice to meet your blogs

    BalasHapus
  24. wah..
    nunggu artikel selanjutnya

    BalasHapus
  25. iya nih gara2 internet kost terputus penghasilan juga semakin berkurang..

    BalasHapus
  26. Aku mau mulai belajar bisnis online dari sini…

    BalasHapus
  27. Ikutan yang mana enaknya mas ?

    BalasHapus
  28. @ To All ; silakan diambil manfaatnya, kalau memang ada…., wong saya cuma blogger ndeso, yang penting belajar bareng2…OK. Yang mau melanjutkan komentarnya, silakan di bawah ini…, terima kasih.

    BalasHapus
  29. Itu artinya bahwa bisnis online bisa bersatu dengan ngeblog, siiip lah. Met Sukses selalu Mas

    BalasHapus
  30. nice tips broo

    thxxxx

    http://s-wswine.com/

    BalasHapus