Artikel terjadwal ditunda

Saya sudah membuat banyak artikel atau tulisan untuk blog ini yang bertemakan masalah SEO dan ngeblog. Artikel-artikel tadi saya posting dengan jadwal terbit antara 1-2 hari sekali. Ini saya maksudkan agar kawan-kawan masih dapat membaca tulisan sampah di www.ikhwaners.co.cc meski pemiliknya lagi offline. Tapi saat saya menerima nasihat , yang mengatakan:

Menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh teman-teman jauh lebih penting daripada meneruskan jadwal artikel...
Bukankah artikel dibuat untuk dibaca dan follow up...

Nah karena nasihat diatas, saya jadi ragu menerbitkan artikel tiap hari, karena artikel sering muncul sebelum saya sempat menjawab jika ada pertanyaan-pertanyaan pada artikel sebelumnya. Padahal proses menunda ini berarti pekerjaan lagi bagi saya, lha harus mengubah tanggal tiap artikel yang sebelumnya sudah diatur seperti dibawah ini. (klik untuk perbesar).

gambar artikel terjadwal

Gambar diatas adalah potongan gambar susunan artikel terjadwal paling bawah, diatasnya masih ada lagi. Nah dengan melakukan penundaan jadwal, otomatis saya harus mengubah tanggal terbitnya satu-satu. Wah jadi capek deh. Kok bisa sih menulis banyak artikel gitu? beberapa kawan menanyakan dengan nada serupa. Iya ya kok bisa ya?

Ketekunan Adalah Kekuatan

Apa yang anda raih saat ini adalah hasil dari usaha-usaha kecil yang anda lakukan tanpa henti selama ini. Keberhasilan bukan sesuatu yang turun begitu saja dari langit. Bila anda yakin pada tujuan, cita-cita dan jalan anda, maka anda harus memiliki ketekunan dan keuletan untuk tetap berusaha. Ketekunan adalah kemampuan anda untuk bertahan di tengah gempuran tekanan dan kesulitan.

Anda harus tetap mengambil langkah selanjutnya. Jangan hanya berhenti di langkah pertama. Memang semakin jauh anda berjalan, akan semakin banyaklah rintangan dan aral yang menghadang. Tapi bayangkan, andai saja kemarin anda berhenti, maka anda tidak berada disini sekarang. Setiap langkah yang anda lakukan akan menaikkan nilai diri anda. Apa pun yang anda lakukan, jangan sampai kehilangan ketekunan anda. Karena ketekunan adalah daya tahan anda.

Sebuah pepatah mengatakan bahwa ribuan kilometer langkah di mulai dengan satu langkah. Sebuah langkah yang besar sebenarnya terdiri dari banyak langkah-langkah kecil. Dan langkah pertama keberhasilan harus anda mulai dari rumah anda. Rumah anda yang paling baik adalah hati anda. Itulah sebaik-baiknya tempat untuk memulai dan untuk kembali.

Karena itu mulailah kemajuan anda dengan memajukan hati anda, kemudian pikiran anda dan usaha-usaha anda. Ketekunan hadir bila apa yang anda lakukan benar-benar berasal dari hati anda.

Menulis artikel yang original, (bukan hasil copas) memang sulit dan memakan waktu, khususnya bagi pemula seperti saya ini, lha otaknya masih kosong lalu mau nulis apa? begitulah dulu saya berpikir. Untungnya saya mengikuti nasihat guru saya saat masih kuliah yang notabene juga penulis buku, eh jadinya maknyus. Walaupun kalau dibandingkan dengan para pakar nulis (penulis professional) saya tentu tidak ada apa-apanya.

Setelah menjalankan nasihat guru saya tadi (rahasia menulis), tidak terasa saya sudah memiliki cadangan artikel 100 buah siap posting, yang tentu belum sempat saya posting semua, dan kemungkinan tidak saya posting di www.ikhwaners.co.cc semua karena topiknya bisa nggak nyambung, mungkin harus dibuatkan blog khusus. Lumayan buat latihan nulis siapa tahu bisa jadi penulis buku, hehehe.. mimpi siang bolong ya...?

Tidak semua original sih karena ada sisipan copasnya juga meski cuma sedikit atau bahasa kerennya "sebuah kutipan", sayangnya sumber kutipannya tidak jelas karena saya sudah punya file referensi dikomputer saya sejak dulu tapi tanpa sumber yang jelas, itu sebabnya sumber kutipan tidak saya sebutkan, karena kalau saya tulis "sumber: tidak jelas" 'kan tidak lucu?

Kembali pada masalah penundaan artikel terjadwal, saya ingin menjalankan nasihat mas Yopan yang terhormat, karena setelah saya pikir-pikir memang benar apa yang dikatakannya seperti kutipan komentar diatas. Selain itu memberi kesempatan bagi kawan lain untuk membaca artikel, karena kalau terlalu cepat bisa-bisa artikel malah tidak terbaca, karena sudah terbit yang baru lagi. Apalagi blog ini hanya blog sampah sampai saat ini. Dengan jumlah pengunjung sangat kecil. Tapi walau kecil asalkan ikhlas berbagi, katanya akan diperhitungkan oleh Allah SWT. Begitu menurut ustadz dikampung, tapi bukan ustadz doyan kawin lho..

Penundaan artikel terjadwal maksud saya adalah mengubah jadwal yang seharusnya terbit tiap hari atau 2 hari sekali menjadi 3-4 hari sekali. Agar saya punya kesempatan menjawab pertanyaan atau komentar masuk (kalau ada). Hanya saja kendalanya masih sama, yaitu saya jarang online. Jadi menjawab komentar juga akan menjadi terlambat. Tapi mending daripada tidak.

Yang menjadi masalah berikutnya adalah, keputusan saya untuk menunda artikel terjadwal, akan berakibat menurunkan kecepatan proses Karena tiap artikel yang terbit sebenarnya adalah satu anak tangga agar cepat keluar dari kuburan, disinilah sebenarnya inti dari jurus SEO tersebut. Tapi saya pikir tidak apa-apa, mungkin istilahnya "biar lambat asal selamat", terima kasih mas Yopan nasihatnya.

19 komentar:

  1. Gus Ikhwan ni mang pekerja keras yah, 100 artikel siap posting? rahasia menulisnya dibagi juga dong gus...

    BalasHapus
  2. wuiihhh... ajegille....
    rahasia menulis yang hebat dah gus ikhwan.. saya juga pernah diajari guru saya (Da Yusrizal KW). katanya kita harus menulis tiap hari, latihan dengan menggunakan tiga kata yang dikembangkan menjadi sebuah tulisan.
    gus makasih udah ngasih saran mengenai google adsense, sekarang saya gak begitu ngebet lagi.. bukannya saya patah semangat atau patah arang.. saya cuma mau bermain dengan fair. Tapi terimakasih gus atas sarannya. oh iya saya mau hiatus dulu 14 hari neh (mau masuk kerja lagi), oke deh semoga sukses gus ikhwan dengan targetnya, kalau kita yakin pasti tuhan akan memberi seperti cerita yang dicontohkan mbak wulan guritno
    kita yg naik mobil tabrakan ma motor, pasti yg motor akan bilang maafin kita ya kita kan cm orang miskin, makanya miskin terus orang mrk yg minta untuk bgtu hehe..cb blng aja maaf sy usahakan untuk ganti, mungkin makan waktu tp pasti sy ganti..pasti akan ke ganti gmn caranya nanti alam terutama tuhan akan buka jln krn mrk wish n yakin akan itu..ya ga??? hehe

    BalasHapus
  3. Wah rahasia menulis nya itu apa gus?
    boleh di bagi?
    salut saya sama GUS IKHWAN ini.

    BalasHapus
  4. wah...sayang ya artikel terjadwalnya mundur lagi...padahal dah nunggu-nunggu bacaan bermutu dan bermanfaat lagi dari GUS IKHWAN.... kapan nich mulai terbit lagi... :)

    BalasHapus
  5. maknyooos dah... saiya 1 artikel aja kadang binun mo nulisnya gimana... huehue :(

    BalasHapus
  6. Gus Ikhwan...
    Saya sebetulnya sering baca juga tips yang ada di samping kanan setiap artikel kamu...coba simak baik-baik tips yang warna biru itu tuh :
    Sebuah langkah yang besar sebenarnya terdiri dari banyak langkah-langkah kecil. Dan langkah pertama keberhasilan harus anda mulai dari rumah anda. Rumah anda yang paling baik adalah hati anda. Itulah sebaik-baiknya tempat untuk memulai dan untuk kembali.
    Intinya...kadangkala kita selalu tersandung dengan hal-hal kecil seperti ini.
    Jika Gus Ikhwan percaya...saya tuh justru banyak mendapatkan wawasan baru dari sini juga lho...
    Ok..Gus Ikhwan...tetap semangat...yuk sama-sama belajar...

    BalasHapus
  7. @Project: Pasti dishare kok, ga tau kapan.
    -------------------------------------------------------------
    @Fausan: Ya..yaa.. saya setuju sekali dengan pendapat tersebut. Memang untuk urusan google adsense pilih main fair aja. Kalau dipasang diblog bahasa Indonesia penghasilannya juga kecil.
    -------------------------------------------------------------
    @Robee: Nanti dibagi mas, thanks ya mas Robee.
    -------------------------------------------------------------
    @alifahru: Tetap terjadwal mas, cuma agak kacau karena males ngrubah jadwalnya bisa 2-4 hari sekali..
    -------------------------------------------------------------
    @yoyo: Yang pentig semangat mas YOYO.
    -------------------------------------------------------------
    @Yopan Prihadi: Mas Yopan memang kritis, tulisan tambahan tersebut selalu mengandung motivasi tinggi..
    -------------------------------------------------------------

    BalasHapus
  8. Salut mas atas kerja keras Gus Ikhwan. Sukses ya dg Gus Ikhwan menjadi webmaster, semangat!

    BalasHapus
  9. Luar biasa Project na.... Bisa ikutan di tiru ya...

    BalasHapus
  10. @Beat2ws: Terima kasih mas Beat2ws
    -------------------------------------------------------------
    @ Pangki Fernandes : Boleh kok gan
    -------------------------------------------------------------

    BalasHapus
  11. Kunjungan Pertama Blog Regedit, Artikelnya bagus apalagi kata-katanya menarik menambah wawasan dan pengalaman saya trims ya…lanjutkan artikelnya saya tunggu. O iya… Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Kalau Boleh Kunjungi blog saya ya hari ini saya baru posting artikel tolong komentarnya dan komentar teman berkaitan dengan artikelnya ya. Ini alamatnya : http://regedit.blog.telkomspeedy.com/2009/01/21/peluang-bisnis-surfing/ terima kasih banyak

    BalasHapus
  12. Mas, Tolongin saya donk gimana caranya buat artikel Terjadwal

    BalasHapus
  13. @ Arif.Ust : Boleh kok gan,, makasih udah nimbrung komen di gus ikhwan
    @ Si Kurochan : Ditunggu postingannya gan, kalo ga sabar menunggu cari di paman google

    Makasih udah nimbrung komen

    BalasHapus
  14. tapi sekarang udah mulai terjadwal ya mas? :D

    BalasHapus
  15. Wah buanyak buanget artikel yang siap posting, berapa lama tuch nyiapinnya..???

    BalasHapus
  16. @ Msafru : Lupa gan , tiap ada waktu lkuang dan punya inspirasi posting

    BalasHapus
  17. salam sahabat
    wah ternyata dalam diam segudang inspirasi tersimpan ya..he..he..good luck ya mas

    BalasHapus
  18. wah keren mas.. saya hobi nulis tp asal bunyi.. update max. 2 posting /minggu, waktunya kadang habis untuk nyari rumput he he

    BalasHapus