Tips Sukses Menulis di Blog

Ada satu hal yang baru saya sadari belakangan ini seputar kesuksesan menulis di blog yaitu setiap kali saya berniat, “iseng-iseng nulis artikel satu paragraf aja, ah,” ternyata malah dengan sangat lancar tulisan mengalir dan jadinya lebih dari satu paragraf. Sebaliknya, seringkali saat saya berniat membuat tulisan panjang, malah jalannya ide dan rangkaian kata suka terseok-seok dan tak jarang gagal sampai ke tujuan akhir yang akhirnya malah teronggok di daftar tulisan draft.

Jadi, bagi Anda yang merasa kesulitan menulis di blog, bisa juga dicoba resep saya ini: niatkan menulis satu paragraf saja. Kalau ternyata jadinya satu paragraf betulan, ya tidak apa-apa. Diposting aja. Dan hindari berniat membuat tulisan panjang supaya otak dan urat syaraf Anda tidak terlalu terbebani.

Salah satu kegagalan menulis adalah kita terlalu terbebani oleh ekspektasi kita sendiri yang ingin menulis sempurna yang akhirnya bukan hanya tidak sempurna tapi malah tidak menulis sama sekali.

Catatan:

Apabila Anda berencana membuat tulisan panjang, kemudian di “tengah jalan” Anda kurang mood untuk meneruskan tulisan tersebut, maka solusi terbaik adalah jangan disimpan sebagai draft, tapi dipublish saja. Jangan lupa tulis di akhir tulisan dengan kata ”(bersambung)” supaya pembaca tahu bahwa tulisan itu belum selesai.

Semoga membantu.

53 komentar:

  1. Yang sulit itu memang memulainya. Kalau sudah memulai satu dua kata biasanya mengalir. Tapi kadang kalau sedang tidak ada ide ya pusing juga, mas :)

    BalasHapus
  2. Tips menulis di blog adalah biarkan jari-jari menulis di tuts keyboard komputer tanpa menyentuh tombol del atau backspace sesering mungkin… hehehehe… BLOG itu bebas tanpa terikat kaidah kata sehingga kita bebas bereksplorasi…tul ga?

    BalasHapus
  3. Sejak bbrp hari lalu balik ngeblog di wordpress, semangat nulis saya lumayan membara. Sayangnya..koneksi i-net spt tdk bersahabat : selalu error setiap saya klik “Publish” :)
    Eniwei, trims pak tips2nya. Juga tutorial widgetnya. Sudah berhasil saya edit.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Sekadar mau share konsep menulis Putu Wijaya. Resep dari Mochtar Lubis yang Putu pakai adalah jangan berhenti ketika buntu. Justru boleh berhenti kalau sedang berapi api menulis.

    BalasHapus
  6. wah iya e… bener banget

    aku juga sering kayak gitu

    btw, biar banyak orang respon blog kita gimana ya?

    BalasHapus
  7. Kalau saya punya pengalaman yang sedikit berbeda tentang menulis. Saya tidak pernah mentargetkan jumlah paragraf atau jumlah kalimat dll. Bagi saya, kalau sudah ada ide pokok dan ada waktu luang untuk nulis, maka saya akan nulis tanpa beban seperti air mengalir. Tanpa terasa, ternyata tulisan saya sudah panjang bahkan terlalu panjang. Jadi saya justru sulit menulis artikel pendek. Demikian juga jika saya menulis e-mail, surat ataupun coment seperti ini, saya sulit berhenti sebelum saya menuliskan semua yang saya ingin katakan. Hal itu ternyata juga ada plus dan minusnya. Plusnya, saya nyaris tidak pernah buntu jika menulis. Minusnya, sebagian besar pengunjung blog sepertinya tidak sabar atau tidak punya cukup waktu untuk membaca artikel panjang. Akibatnya, saya mendapati bahwa banyak pengunjung blog saya yang salah menangkap pesan yang saya sampaikan karena membaca sepotong-sepotong. Sudah sempat saya update dengan menambahkan peringatan, tapi juga tetap kurang efektif.
    Waduh, sudah kepanjangan ini karena sudah hampir sama panjang dengan postingan di atas. Terimakasih dan salam eksperimen.

    BalasHapus
  8. betul mas…tapi kadang saya ga bisa fokus, jadi tulisannya ga jadi-jadi…kayak blogku yang ini

    BalasHapus
  9. Hello mas…mampir lagi nich…

    Kalo saya sich tergantung mut & waktu….
    Kalo lagi bagus mutnya bisa dapat nulis dgn gampang karena saya menganggap nulis seperti cerita aja…ngalir aja..Dan didukung oleh waktu yang ada….Kalo dua itu nggak ada jadi vakum dech…

    Ok…sampai ketemu lagi…
    Best Regard,

    BalasHapus
  10. Wah, infonya berguna juga. Saya sebagai blogger pemula terkadang sulit sekali menulis artikel yang panjang. Kalau sudah tengah-tengah pikiran jadi buntu, tidak bisa mikirin lanjutannya.

    BalasHapus
  11. Kalau saya tidak pernah membiarkan tulisan saya ada di draft, karena nanti jika ingin melanjutkan menulis malah jadi bingung. kecuali tulisannya sudah panjang. Paling yang masuk di draft hanya judulnya saja, Atau inti dari ide yang mau di tulis tersebut.
    Dan jika saya tidak punya waktu cukup untuk menulis, saya tidak akan menulis, karena pasti akan kepotong. Misalnya waktu yang dibutuhkan untuk menulis selama 15 menit, tetapi hanya mempunyai 5 menit, maka saya tidak akan menulis.
    Saya sendiri tidak pernah menargetkan berapa banyak yang harus saya tulis, yang penting inti atau pesan tersebut tersampaikan.

    BalasHapus
  12. Bagus sekali tips ini Bos. Terima kasih. Saya masih belajar.

    BalasHapus
  13. yupss.. setuju banget ama tips2 nya..
    emang kadang yang namanya ide tuh nggk terduga datangnya..

    tq banget untuk tips2 nya..

    salam kenal, best regards.

    BalasHapus
  14. hmmm…boleh juga. Nasib kita hampir sama :D
    cuma saya khawatir, jangan2 karena nggak punya konsep pikiran jadi ngelantur.

    awalnya di utara, saking semangatnya nggak berhenti di selatan, muter2 sampe pusing, eh balik lagi :P

    BTW, thanks

    BalasHapus
  15. Menulis ada sebuah hal yang menyenankan bagi sebagian orang, khususnya bagi mereka yang sudah bisa. Meski biasa seringkali keadan malas dan suasana sangat berpengaruh dalam kualitas menulis, memang sebaiknya menulis pertama kali tidak harus sempurna.

    Kerumitan menulis, sama persis saat kita pertama menulis surat cinta buat sang kekasih… tahu sendiri tho…

    Trimaksih

    BalasHapus
  16. Menulis bagi saya terkadang sangat menyenangkan kadang juga bisa males.
    itu juga terjadi jika saat coding, meski coding ampe banyak kalo lagi semangat ya ampe puluhan jam juga betah, tp kalo lagi males jangankan puluhan jam, beberapa menit aja udah jenuh.

    BalasHapus
  17. Tips menarik, saya baru belajar ngeblog, sama sekali ngga terbiasa nulis. Tapi kalo ngga memulai kapan bisa ya kan?
    eniwei salam kenal mas.

    BalasHapus
  18. menjadi penulis yang baik memang gambang2 susah, tapi dengan berjalannya waktu semua pasti bisa teratasi. saya pro mas afatih dengan satu paragraf pasti kita akan mendapatkan ide tulisan selanjutnya, saya pun menerapkan cara seperti ini. salam kenal dari saya oom :)

    BalasHapus
  19. Terimakasih mas tips-nya. Bagus banget, jadi semangat nge-blog lagi.

    BalasHapus
  20. untuk tulisan bebas, saat emosi anda ada, tulislah.
    Saat anda marah, tulislah. Saat anda senang, tulislah. Saat anda kesal, tulislah. Saat anda semangat tulislah, dan saat anda malas tulislah.
    Saya yakin akan jadi tulisan.
    Wish-Nu

    BalasHapus
  21. Waduh GUS IKHWAN ini sangat genius dan pintar semua informasinya sangat bermanfaat…semoga sukses buat GUS IKHWAN..terima kasih

    BalasHapus
  22. ya mayan lahhh!!!!perlu di tingkatkan lagiiiiiii…………

    BalasHapus
  23. wahhhhhh mas’e thu jenius bgt bwt kayak gnii!!!!!!aku aj ga bsa oqqq kyk gthuuu!!!gmn sech cra bwt’e??????cu muaccccchhh

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum….
    Salam dari new blogger..
    Terima kasih ya kak fatih atas tipsnya..

    BalasHapus
  25. rak mudeng….uopooooooo..iku…

    BalasHapus
  26. ntar di coba dech,…..!!!

    BalasHapus
  27. kalau saya memang ada niat untuk nulis topik yang ingin saya tulis,tapi kemudian yang dapat paragraf panjang malah yang mendadak dapat ide ketika sedang nulis.Gak terlalu berat topiknya itu yang penting dan rilek aja.

    BalasHapus
  28. tambah ilmu lagi… makasih gus

    BalasHapus
  29. Ya ya saya baca ini, semakain meyakinkan menulis itu perlu dan penting

    BalasHapus
  30. tulisan saya bisa di muat di mana.tulisan saya banyak? syukur syukur dapat honor….blogg mana yang isa saya kirimi dan saya dapat honor…thanks mohon dibalas

    BalasHapus
  31. saya juga mau minta info rekan rekan tentang tulusan saya bisa di uat dimana yang dapat honornya. makasih

    BalasHapus
  32. makasih banyak ya buat yang punya blog ini,, aq banyak pelajaran dari sini…sukses slalu

    BalasHapus
  33. Kayaknya kl sy byk ide yg bermuara di draft aja krn gak kelar2,trus kburu dapet ide lain.. Thks tipsnya

    BalasHapus
  34. mantap bos…
    thanx atas tutorialnya..

    BalasHapus
  35. Menarik-menarik… hebat… salut…

    :D :) koq gak tau dari dulu yah

    BalasHapus
  36. betul. kalo boleh nambahin, jangan mengoreksi dl tulisan sblm tulisan beres. so jauhkan tuh jari dari tombol delete n backspace..sebelum smua yg ada dikepala tumpah ke tulisan. thanx mas fatih. lam kenal

    BalasHapus
  37. jadi mantap, yang jelas menulis membutuhkan kelenturan. otak yang santai. tapi, bagi penulis yang handal, kebuntuan dalam berpikir saja bisa menjadi inspirasi untuk menulis. jadi, otak, dalam keadaan tegangpun, nulis lancar saja. saya termasuk orang yang sering kehabisan kata-kata dalam banyak kondisi.
    trims tutorialmnya

    salam kenal.

    BalasHapus
  38. manteb buat motivasi=) tapi masih bingung, dimana yah dapetin inspirasi buat nulis artikel yang berbobot???????

    BalasHapus
  39. Setuju gus ikhwan… Itu yang saya lakukan sebelum membaca tips dari mas. Saya lagi ga mood nulis, akhirnya, saya tulis aja (bersambung). hehehehe….

    BalasHapus
  40. Waduh…dari dulu sebenar nya cita2 sy jadi penulis,saya pingin tulis apa aja yg mau saya tulis, tapi koq ya buntu kayaknya ga pas pas buat di tulis,gmn neh???

    BalasHapus
  41. iseng-iseng menulis jadi internet marketer handal, itu harapanku..walau masih newbie n belum bisa menulis sehebat boz, yang penting mencoba, praktek, terus dan mencoba, praktek, terus dan mencoba, prakte, terus……setuju?

    BalasHapus
  42. Ooh, jadi intinya mo tulisan dah bener-bener jadi atau mo yang setengah jadi di publish aja ya Om. Makasih ya Om, saya selama ini suka nyimpen tulisan di draft kalo kebetulan belum siap, biasanya sih mandeg di tengah karena kekurangan bahan literaturnya. Makasih ya Om sarannya.

    BalasHapus
  43. Mantaap tipsnya. Skalian mau ngundang untuk nulis di Tabloid Internet media cetak bidang internet yang terbit nasional. Yah itung-itung dapat promosi gratis, karena tiap artikel yang dimuat di Tabloid Internet akan dicantumin link blognya juga lho..

    BalasHapus
  44. menulis itu jangan sekedar saja..tapi timingnya harus pas dengan mood kita…hasilnya penuangan ide cerita kita akan lebih mantapppz…

    BalasHapus
  45. Dulu sy suka nulis ga tentu arah yg penting bisa curhat… jadinya kadang seperti puisi atau malah bahasanya ngawang-ngawang… eh… skrg mesti nulis dgn tema.. agak mikir sih… tp sing penting suka menulis, seneng menulis, berani menulis, nulis..nulis…& nulis….

    BalasHapus
  46. Yang tidak kalah penting dalam proses menulis ialah mejag afisik agar tetap sehat dan bugar. Betul?

    BalasHapus
  47. Aduh gus ikhwan saya bingung ga tau tulisan di blog saya bagus atau ngak, abisnya blog saya sepi. hahaha.

    Kasih tau saya website yg bisa ngasih tips supaya ada orang yg sering2 ngeliat blog saya dunk!!

    Saya blogger pemula,

    BalasHapus
  48. makasihh kang dari sini Q mulai belajar ngeblog:)

    BalasHapus
  49. maz aq lagi da masalah ni…tiap kali masukin tulisan di postingan, tullisannya jadi hancur. biasanya kalo aq mau buat tulisan, aq ketik dulu di word truzz aku copy paste ke postingan. eh setelah aq coba liat blognya malah ancur tulisannya. sebelum tulisan yang aq buat ad semacam kode gitu. ga paham tu kode apa.
    makasih juga…banyak sekali yang bisa aq dapet di blog ini.

    BalasHapus
  50. wahh saya setuju sekali…mas makasih loh dah ngasi ilmu yang banyak aku jadi manteng di sini aja…maklum masih hijau sekali, eh mas minta komentarnya dong di blog aku. sekalian minta pentunjuk supaya biar lebih cihuuuyy,
    thanks loh atas tutorialnya

    BalasHapus
  51. Bener juga ya… Di postingan saya juga ada yang waktu nulisnya antara mood dan nggak (Pentingnya K3 dlm p’nggunaan kmptr). Tapi saya publish aja. Pas saya baca lagi kyknya emang kurang komplit, deh…. Mau benerin saya dah bad mood bgt. Tp ga sy ks ket. bersambung n tau2 ada yg ngomentarin. Katanya tulisannya ga lengkap ni, hehehe… Saya jd malu deh…
    Thanks lagi yah mas tipsnya…

    BalasHapus
  52. iya..tul juga. kalo direncanain kadang2 malah buntu gak tau mau nulis apa. interesting article, sukses and ditunggu kunjungan baliknya ya

    BalasHapus