Membuat Blog Anda Agar Lebih diingat Banyak Pengunjung




Tentu kita semua tahu bahwa blog tercinta kita ini (Gus Ikhwan) dikunjungi banyak orang setiap harinya. Saya sendiri aktif mengunjungi blog ini setiap ada postingan baru, entah itu karena tertarik atau karena faktor X. Tapi tahukah anda apa saja faktor X itu?





Menurut saya, faktor X dari sebuah blog adalah :


Template


Template yang original serta indah dapat membuat pengunjung kembali lagi hanya untuk melihat keindahannya. Saya lihat template blog ini sangat enak dan nyaman untuk dipandang berjam-jam lamanya (lebay dikit boleh lah...). Untuk membuat blog kita nyaman dibaca, gunakan template custom atau standar (tapi sudah dimodifikasi) yang mengandung warna yang memang nyaman untuk dipandang, seperti putih dan hijau. Jangan menggunakan warna yang membuat sakit mata seperti merah dan oranye. 



Tips : Jangan gunakan background hitam atau warna gelap lainnya untuk postingan, itu membuat pengunjung tidak nyaman dalam membacanya. Gunakan;ah warna putih atau hijau muda sebagai background.



Tata cara penulisan


Anda tahu anak alay? Itu lho yang kalo nulis atau ngetik tulisannya gede-kecil dan menggunakan banyak angka sebagai symbol maupun pengganti sebuah huruf. Tulisan yang seperti itu sangat membuat pembacanya bekerja lebih untuk memahami isi dari postingan tersebut. Yang ada malah mereka akan meninggalkan blog anda, padahal baru melihat judul saja. Gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar karena kita orang Indonesia, bukan anak alay.



Tips : Jangan pernah menyingkat kata-kata karena ini adalah blog, bukan SMS. Jika ada banyak space, kenapa kita harus menyingkatnya?



Loading Page


Pernahkah anda membuka sebuah blog dan blog itu tidak selesai untuk diload padahal anda telah menunggu cukup lama? Saya sering dan biasanya saya akan menutup blog tersebut. Jangan sampai ini terjadi pada anda karena ini sangat merugikan. Ceklah kecepatan loading blog anda, tidak usah pake layanan apapun, cukup tes dengan komputer anda saja. Jika dirasa terlalu lama, maka anda bisa melakukan perbaikan pada blog anda.



Tips : Kurangi gambar di blog anda, atau bisa juga mengompres gambar sehingga ukurannya lebih kecil dan lebih cepat untuk diload. Dan cek juga apakah server dimana anda mengupload javascript dan gambar berjalan dengan baik. Saya sendiri membeli hosting untuk keperluan javascript.

Saya rasa baru itu saja yang dapat saya paparkan untuk kesempatan kali ini. Terima kasih untuk Gus Ikhwan karena telah menerima artikel saya dan mempublikasikannya di blog kita tercinta ini. :)




Artikel ini dibuat oleh dari Afatih Refleksi dan Blog Tutorial sebagai guest post di www.lentera-sahabat.co.cc.



Tertarik Menjadi Guest Post di blog ini? silahkan kirim artikel original dan terbaru anda ke email lenterasahabat@gmail.com
 

14 komentar:

  1. Wah tertarik juga nie jadi guest post! Mesti tips blogging ya gus Ikhwan?

    BalasHapus
  2. tips yang jitu untuk memberi kenangan manis buat visitor sehingga bisa kembali mengunjungi situs kita..salah satu blog yang memenuhi kriteria di atas adalah blog ini..begitu clean, lite dan yang paling penting adalah inspiring :-)

    BalasHapus
  3. wah... tipsnya ok punya tuh.....
    sayangnya utk templte tidak smua org bisa mengcustom nya...
    seorang blogger tentu punya mimpi untuk mendesign templt blognya sendiri agar unik dan beda dari yg lainnya...
    tapi sering terkendala dgn pngetahuan yg minim tentang custom templt.. alangkah indahnya.. merah kuning hijau dilangit yg biru.. *PLAK.. lho kok ngawur.. hehee.. itu mah pelangi.. hihi.. mksudnya ini, alangkah indahnya jika ada poatingan tenntang custom templt unik ala blog kita sendiri.. di tunggu ya Gus.. dan sobat bloggers sebangsa dan setanah Air..

    BalasHapus
  4. salam Gus,

    memang bagus tips yg gus berikan nie, saya sendiri mengamalkan tips yang gus beri nie...

    no 1 yang saya boleh kata disini...berkenaan template, memang ada benarnya menggunakan template yg menarik boleh menarik seseorang pengunjung untuk berkunjung kembali. buktinya saya sendiri seperti itu jugak..hehehe..

    salam dari malaysia..

    BalasHapus
  5. Wow Makin Mantap aja Gus Ikhwan... Saya Sih uda follow blog Ini tapi pake blog yang lain ^^. Ohh yah Gus Ikhwan kode script yang berada tepat pada kode head pada blog Gus Ikhwan buat apa sih? ksh tau donk ^^ soalnya saya lihat kang Rohman dan o-om juga pake..

    BalasHapus
  6. Loading page sangat krusial...

    BalasHapus
  7. Saya rasa apa yang Gus Ikhwan tulis diatas benar adanya,saya juga biasa betah berlama-lama pada satu website yang tampilannya menarik.Gus Ikhwan boleh tanya tentang nofollow dan dofollow and tips agar loading page blog saya lebih cepat tentu saja selain yng ditulis diatas tadi juga gimaman cara menceknya.
    Terima kasih

    BalasHapus
  8. Wow thx infonya
    salam... dr
    www.calvinblog.co.cc

    BalasHapus
  9. wah... blog yang bikin betah buat blogger tuh kalo visit nya sampai ribuan, sambil berpikir ko bisa yah di kunjungi pengunjung sampai segitu banyaknya. rahasia nya apa yah..?

    BalasHapus
  10. Makasih atas INFOnya
    Membantu banged

    BalasHapus